Minggu, 03 Mei 2015

Wawancara Dengan Pedagang Gorengan

WAWANCARA DENGAN PEDAGANG GORENGAN
Nama                            : Mariyadi
Umur                            : 55 tahun
Jenis kelamin               : laki-laki
Pekerjan                       : Pedagang Gorengan
Alamat                         : Desa Candinegoro, Wonoayu
Tempat tanggal lahir   : Kertosono,11 Agustus 1960

WAWANCARA
            Gorengan adalah salah satu dari sekian banyak makanan yang digemari masyarakat umum terutama di perdesaan, sayangnya makanan yang kaya akan karbohidrat ini perlahan kurang digemari masyarakat seiring pertumbuhan zaman, makanan-makanan dari luar mulai disenangi masyarakat akibatnya pedagang gorengan mulai meninggalkan pekerjaan ini. Namun ditengah kurangnya minat masyarakat terhadap gorengan Bapak Mariyadi masih berjuang mempertahankan pekerjaannya, betapa tidak dengan modal ijazah sd ia tidak akan mampu untuk mencari pekerjaan lain, hanya dengan berjualan gorengan inilah ia mampu untuk menghidupi istri dan 3 anaknya. anaknya yang laki-laki kini sedang belajar disekolah dasar, dan 2 anak perempuannya yang kini sedang berkuliah. Berikut ini cuplikan  wawancara saya dengan Bapak Mariyadi :
Adi                  : Permisi pak, maaf mengganggu, boleh saya minta waktunya sebentar ?
Penjual           : Iya boleh mas, Ada yang bisa saya bantu mas ?
Siswi               : Begini pak kami mendapat Tugas dari Dosen Kewirausahaan kami
                          untuk mewawancarai pedagang sebagai narasumber . Apakah bapak      
                          bersedia untuk saya wawancarai sebentar ?
Penjual           : Silahkan saja mas, dengan senang hati mas.
Adi                  : Sejak kapan bapak berjualan gorengan ini ?
Penjual           : Saya berjualan gorengan sejak tahun 1994 pada saat itu gorengan sedang banyak
                          diminati masyarakat, bermodal hanya uang RP 25.000 saya hanya mencoba-coba
                          untuk menjualnya dengan cara berkeliling serta ketempat orkes atau orang yang           sedang    mengadakan acara hajatan, baik sunatan / pesta pernikahan bersama istri         saya dan        Alhasil saya berhasil   menjual dagangan saya,semenjak itulah saya         mulai berminat      untuk terus berjualan gorengan. Tapi sekarang saya sudah tidak       dagang berkeliling,      sekarang saya dagang menetap di dekat rumah.
Adi                  : Saat bapak pertama kali bapak berdagang berapa keuntungan yang bapak dapatkan?
Penjual           : Maaf sebelumnya saya tidak ingat berapa keuntungan saat itu.
Adi                  : Berapa keuntungan yang bapak dapatkan dalam satu hari ?
Penjual           : keuntungan  yang saya dapatkan dalam satu hari kira-kira Rp 75.000,00- .ini saya
  dapatkan dari satu buah gorengan yang saya jual dengan harga Rp 200,00-
Adi                  : Apa saja jenis gorengan yang sering bapak jual ?
Penjual           : Gorengan yang sering saya jual ada 5 macam mas, di antaranya : ote-ote, tahu isi,
  tempe menjes, Singkong Goreng, dan tahu goreng.
Adi                  : Berapakah harga gorengan ini pak ?
Penjual           : Harga semua gorengan saya ini sama mas. Satu gorengan saya jual dengan harga
                          Rp. 600,00-
                          Rp. 2000,00- saya kasih 3 gorengan, Rp. 4000,00- saya kasih 6 gorengan,
  Rp. 5000,00- saya kasih 8 gorengan, sebenarnya 5000 hanya mendapatkan 7 
  gorengan tapi saya kesulitan mendapatkan uang koin untuk uang kembaliannya,  
  maka saya dengan istri saya memutuskan untuk memberi 8 gorengan.   
Adi                  : Apa saja bahan - bahan untuk membuat gorengan ?
Penjual           : Bahan Ote – Ote : Tepung Terigu, Wortel, Kecambah (Touge), Bawang Prei,
  Seledri, Bawang Merah, Bawang Putih, Gula, Merica dan Penyedap rasa
  secukupnya.
                          Bahan Tahu Isi : Tahu, Tepung Terigu, Wortel, Gubis, Mie Bihun, Bawang Merah,
                          Bawang Putih, Gula, Merica dan Penyedap rasa secukupnya.
  Singkong Goreng : Singkong, garam.
  Tempe Menjes : Tempe Menjes, Tepung Terigu, Bawang Merah, Bawang Putih,
  Gula, Merica dan Penyedap rasa secukupnya.
                          Tahu Goreng : Tahu.
  Bahan Umum : Minyak Goreng, Gas LPG 3 Tabung, Cabai Kecil, kacang Tanah,
  Petis untuk campuran bumbu kacang.
Adi                  : Dalam sehari bapak berjualan dari jam berapa sampai jam berapa ?
Penjual           : Saya Berjualan dari jam 16.00 mas, tapi pulangnya tidak tentu, terkadang kalau
  lagi rame saya bisa pulang jam 21.00 mas, kalau lagi sepi bisa sampai jam 23.00
  malam, paling malam saya pulang jam 23.30 mas. Meskipun jam 23.30 belum
  habis terjual saya harus pulang mas.
Adi                  : Apakah bapak pernah mengalami kerugian besar ?
Penjual           : Pernah Mas. Pada waktu itu saya masih baru membuka usaha kira-kira ada 5
  bulan berjualan, saya berjualan di sebuah acara orkes namun dari sore sampai
  malam dagangan saya sepi, karena hampir tengah malam akhirnya saya
  memutuskan untuk membereskan dagangan saya dan bersiap pulang namun
  alhamdulillah mas di pertengahan saya beres-beres ada orang beli gorengan saya
  sebesar Rp.500,00 yah meskipun semalaman dapat Rp. 500,00 tapi saya tetap
  bersyukur karena uang tersebut untuk beli beras besok untuk anak dan istri saya.
  Bahkan saya juga pernah berjualan hanya dapat uang Rp. 1000,00 saat beres -
  beres mau pulang kaki saya di lindas sepeda motor, jempolan kaki saya terluka
  dan berdarah dan saya cuci dengan air lalu saya bergegas pulang dan sampai di
  rumah istri saya mengobati luka di jempolan kaki saya. Dari pengalaman pahit
  tersebut saya dapat semakin semangat untuk mengembangkan usaha saya dan
  dengan pengalaman tersebut saya sudah terbiasa menghadapi segala hambatan
  yang menghadang.
Adi                  : kapan bapak bisa meraih keuntungan besar ?
Penjual           : Peminat gorengan sangat meningkat pada saat bulan puasa,pada saat bulan itu
  masyarakat sangat banyak membeli gorengan, ini terjadi karena mereka sering kali
  membutuhkan makanan pembuka untuk  berbuka puasa, selain itu pada saat musim
  hujan peminat gorengan juga bisa meningkat drastis mas, terkadang di kala musim
  hujan / pada waktu hujan seperti sekarang dagangan saya bisa habis mas, dengan
  begitu saya bisa pulang jam 21.00 mas.
Adi                  : Bagaimana peran istri bapak selama  perjalanan bapak berjualan gorengan?
Penjual           : Istri saya selalu membantu saya dan ia tetap mendukung saya apapun yang terjadi.
  ia juga ikut membantu saya dalam berjualan gorengan,pernah saat saya sakit ia
  mengerjakan semua pekerjaan saya. Bahkan istri saya juga pernah berjualan
  sendirian ketika saya sedang sakit, namun kedua anak saya yang perempuan tidak
  tega melihat ibunya berjualan sendirian karena kewalahan meladeni pembeli yang
  sedang antrei, mereka juga takut ibunya tidak sempat makan terlebih dahulu karena
  kewalahan melayani para pembeli. Sehingga mereka memutuskan untuk membolos
  kuliah hanya untuk membantu dan menemani ibunya berjualan.
Adi                  : Oh gitu ya pak, saya kira kami sudah cukup banyak mengetahui
                          tentang usaha gorengan ini, kami mengucapkan banyak terima kasih atas
                          waktu yang bapak luangkan, semoga usaha yang bapak jalankan bisa
                          maju .
Penjual          : Amiin, sama - sama mas.

KESIMPULAN
            Bapak Mariyadi berdagang gorengan sejak tahun 1999 yang awalnya hanya bermodal uang Rp 25.000 saja, karena pada saat memulai dagangannya tersebut hanya memperoleh keuntungan yang tidak pasti, maka beliau dengan istrinya memutuskan untuk menekuni usaha ini, karena beliau berdua yakin bahwa usaha ini akan berkembang di kemudian hari. Sebab dengan usaha ini beliau mampu mencukupi kebutuhannya, menyekolahkan anak laki-lakinya yang masih di sekolah dasar serta menyekolahkan kedua anaknya yang perempuan belajar di universitas ternama di kota Sidoarjo dan berusaha untuk terus mempertahankannya disaat kerugian besar, kekurangan modal dan ditekan banyak kebutuhan yang semakin hari semakin mahal.

          Meskipun dengan 5 Gorengan serta harga yang murah dan saingan yang semakin banyak, Bapak Mariyadi beserta istrinya tidak pernah mengeluh sama sekali, apalagi Bapak Mariyadi sering mengalami pengalaman yang pahit dan berkat pengalaman pahit tersebutlah yang membuat beliau semakin semangat dan menekuni usaha ini, alhamdulillah dengan semangat dan ketekunan beliau, usaha beliau kini menjadi sukses dengan bukti mampu menyekolahkan kedua putrinya di universitas ternama di kota Sidoarjo. Sungguh pengorbanan yang luar Biasa.

14 komentar: